Pariwisata Itu Adalah Industri Yang Paling Mudah dan Murah Menghasilkan PDB, Devisa dan Tenaga Kerja

Kategori: Wisata Nusantara Diposting oleh : Administrator Dibaca : 323 kali Pada : Rabu, 14 September 2016 - 02:27:21 WIB

JAKARTA - Pariwisata itu adalah industri yang paling mudah dan murah menghasilkan PDB, Devisa dan Tenaga Kerja. Sehingga kita harus mengalokasikan sumber daya kita untuk pariwisata.

Demikian dikatakan, Mnteri Pariwisata Arief Yahya saat meluncurkan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta pada Jum’at (15/7).

Dijelaskan Arief Yahya, pariwisata itu masuk dalam komponen ekspor. Ketika orang spending 100USD di Pariwisata, maka impact direct dan indirect terhadap PDB adalah 170% sehingga ini adalah industri dengan multiflyer effect yang terbesar.

Tidak ada industri dengan impact tertinggi selain pariwisata. Nominal PDB dari Pariwisata itu Indonesia terbesar se-Asean.

Penghasil Devisa terbesar itu Oil and Gas, kemudian Coal, CPO dan nomor 4 Tourism.  Tapi Oil and Gas juga Coal pasti turun.

Sudah turun malah tidak sustain lagi, sekali kita ekplorasi kemudian eksploitasi kemudian habis. Hanya pariwisata yang naik, sehingga semoga nanti tahun 2017 sektor pariwisata menjadi penghasil devisa terbesar.

Dulu industri terbesar di Indonesia satu migas dan kedua non migas. Semoga nanti mulai 2017, pariwisata  dan non pariwisata, tegas Arief Yahya.

Selain itu pariwisata juga industri yang menciptakan lapangan kerja paling mudah dan murah. Hanya dengan PDB $5000 atau sekitar Rp 65 juta, di industri pariwisata kita bisa menciptakan satu lapangan kerja, tandas Arief Yahya. (Antoni F)




0 Komentar :


Top
  • Follows us our servcies