Target 20 Juta Wisman Tahun 2019, Itu Kecil

Kategori: Wisata Nusantara Diposting oleh : Administrator Dibaca : 100 kali Pada : Rabu, 14 September 2016 - 02:04:42 WIB

KOTA BENGKULU - Dalam rangka meningkatkan SDM pelaku industri Pariwisata, Kementerian pariwisata RI bekerjasama dengan Disbudpar Provinsi Bengkulu mengadakan kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan pada hari Minggu dan Senin 13-14 Maret 2016. Bertempat di Hotel Grage Bengkulu, acara yang dihadiri sekitar 200 orang tersebut berlangsung hidup dan interaktif, dimana para peserta pelatihan juga terlihat sangat antusias mengikutinya.

Farid, Kabid Pelatihan Kepariwisataan, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Pariwisata, Kementerian Pariwisata mengatakan, "Melihat semangat dan antusias peserta pelatihan, ini patut diapresiasi. Semoga mereka bisa menjadi kader dan agen perubahan bahwa Pariwisata adalah satu-satunya sektor yang selalu eksis dan berkembang sampai kapan pun.

Selain itu, meski diberikan pelatihan yang sederhana dan dasar, mereka diharapkan tidak terbatas sebagai juru penerang, tapi juga sekaligus sebagai pelaku pariwisata. Karena pariwisata bisa memberikan efek langsung terhadap kehidupan mereka dan juga terutama masyarakat," tegas Farid.

"Masyarakat juga jangan sekali-kali dijadikan obyek, tapi harus sebagai subyek dan pelaku pariwisata apapun bentuk model, konsep dan pengembangannya nanti. Sudah harga mati bahwa dalam pariwisata kita, harus melibatkan dan menguntungkan masyarakat setempat, tidak boleh masyarakat menjadi korban," jelas Farid.

"Wartawan juga harus optimis daĺam membuat berita, apalagi dalam pengembangan pariwisata. Apa yang dilihat, dengar dan rasakan harus ditulis dengan fair dan objektif.

Obyek wisata Indonesia adalah seperti surga di dunia ini dan pasti unggul secara kualitatif dari negara-negara lain meski sektor infrastruktur sering menjadi penyumbat. Jadi target 20 juta wisatawan asing pada tahun 2019 itu kecil dan dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) negara lain justru takut dengan kita, apalagi pilar-pilar pariwisata kita bersinergis saling membangun," ujar Farid.

Sementara itu Suparhim dari Disbudpar Provinsi Bengkulu mengatakan, Bengkulu mempunyai potensi pariwisata yang luar biasa. Kegiatan pelatihan ini sangat penting sekali dalam meningkatkan kualitas SDM pariwisata Provinsi Bengkulu. 

Dengan acara ini, juga akan semakin menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya sektor pariwisata dijadikan sektor unggulan di Provinsi Bengkulu. Supaya nanti semakin meningkat kesejahteraan masyarakat di bumi Rafflesia ini, ujar Suparhim.

Saya melihat Kementerian Pariwisata juga semakin gencar berupaya meningkatkan Pariwisata di berbagai daerah. Termasuk daerah kami melalui berbagai kegiatan, termasuk acara ini. 
Sangkin antusias dan semangatnya insan pariwisata Bengkulu, kalau tidak dibatasi, pesertanya pasti akan membludak untuk mengikuti acara pelatihan ini, tandas Suparhim.(Antoni Fernando)

 




0 Komentar :


Top
  • Follows us our servcies